SELAMAT DATANG

Selamat Datang
di Blog Integrasi
Selamat Menikmati...

Kamis, 25 Oktober 2012

Deskripsi Diri E

Peningkatan Kualitas Kegiatan Mahasiswa
Pernyataan Dosen :

E.21 Kegiatan intra ataupun ekstra kampus kemahasiswaan merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi potensi diri yang ada pada diri mahasiswa. Baik dalam bentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Himpunan Mahasiswa Jurusan maupun Unit Kegiatan Mahasiswa ini, memerlukan pengarah dan pendorong untuk terus memotivasi mahasiswa untuk berkarya dan memajukan organisasi mereka tersebut. Di Himpunan Mahasiswa Jurusan saya selalu memberikan dukungan, dorongan dan masukan bagi kemajuan Himpunan Mahasiswa tersebut, hal ini saya buktikan dengan saya selalu ikut serta dalam segala kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan, baik dalam kegiatan ilmiah, seperti: seminar, workshop dan Diskusi. Saya ikut memberikan masukan kepada Himpunan Mahasiswa Jurusan jika mereka mengadakan perlombaan-perlombaan, baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang olahraga. Selain itu, saya juga selalu mengikuti kegiatan sosial yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa, salah satunya dengan mengadakan bakti sosial. Selain saya aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan, saya juga sebagai salah satu pembina di UKM Karate, hal ini saya lakukan untuk memberikan pelatihan rutin, guna meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang olahraga bela diri karate ini. Selain latihan rutin, saya memberikan Training Center (TC) jika akan menghadapi suatu kejuraan, baik kejuaraan daerah maupun kejuaraan nasional.

E.22 Kegiatan yang dilakukan mahasiswa senantiasa harus ada yang mengarahkan, saya mengarahkan kegiatan mahasiswa tersebut, baik secara manajerial ataupun secara teknis. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa, haruslah mendapatkan izin atau restu dari instansi tempat bernaung mahasiswa tersebut, apakah itu tingkat Fakultas maupun Tingkat Biro. Contoh: kegiatan Seminar, dalam seminar tentunya harus merumuskan pelaksanaan teknis, dalam hal ini saya membantu mahasiswa dalam membuat kepanitiaan, memberikan masukan tentang peserta yang akan mengikuti seminar, serta memberikan pilihan siapa saja yang berkompeten untuk mengisi seminar yang akan dilakukan. Selain itu, saya juga memberikan pelatihan bagaimana mahasiswa dapat menjadi moderator dalam seminar tersebut. Di bidang, workshop-pun demikian halnya, saya memberikan arahan secara teknis atau manajemen kegiatan, dengan memberikan alternatif-alternatif kegiatan yang cocok dilakukan dalam workshop tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta bermanfaat bagi Himpunan Mahasiswa Jurusan. Dalam kegiatan diskusi, saya hanya menjadi fasilitator dan memberikan masukkan terhadap topik diskusi, yang lebih aktif dalam berdiskusi adalah para mahasiswa, kecuali jika mahasiswa tersebut mendapatkan kendala dalam topik yang dibahas, maka saya akan ikut berdiskusi dan membahas topik tersebut secara mendalam. Dalam kegiatan sosial, saya hanya sebagai pemberi masukkan tentang bagaimana sebaiknya pelaksanaan kegiatan sosial tersebut agar terlaksana dengan baik. Di UKM karate, saya melatih, memotivasi, mengarahkan agar mahasiswa yang ada di UKM karate memiliki prestasi, baik di bidang pendidikan maupun di bidang olahraga.

E.23 Saya dengan mahasiswa memiliki interaksi yang sangat baik, baik dengan mahasiswa yang berada di Himpunan Mahasiswa Jurusan maupun dengan mahasiswa yang berada di Unit Kegiatan Mahasiswa Karate. Interaksi yang dilakukan bukan hanya ketika berada dalam forum formal semata, akan tetapi interaksi yang saya lakukan dengan mahasiswa dapat berlangsung kapan dan di manapun. Apakah itu berada di luar kampus, ketika bertemu di tempat keramaian, di tempat olah raga maupun di tempat lainnya. Mahasiswa dapat bertukar pikiran dengan saya, atau mahasiswa membutuhkan bantuan saya, maka saya akan senang hati membantu mereka. Begitu juga halnya kalau bertemu dalam kampus, apakah ketika sedang berpapasan, maka saya dan mahasiswa selalu melakukan interaksi, walaupun hanya interaksi yang sesaat saja. Selain interaksi yang dilakukan secara langsung, saya dan Himpunan Mahasiswa Jurusan ataupun dengan unit Kegiatan Mahasiswa juga melakukan interaksi secara tidak langsung. Interaksi ini dapat berlangsung melalui handphone maupun dengan menggunakan media on line email, serta menggunakan media on line jejaring sosial lainnya. Dengan ini, interaksi dapat dilakukan kapan saja, meski saya tidak berada dalam kampus atau saya tidak bisa berinteraksi langsung dengan para mahasiswa.

E.24 Banyak hal bermanfaat yang didapatkan ketika bergabung atau terlibat dalam kegiatan mahasiswa, baik itu bergabung dengan kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan maupun terlibat langsung dengan mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa. Manfaat yang paling nyata sebagai personal adalah mendapatkan kawan yang lebih banyak, bahkan menganggap antara saya dan para mahasiswa tersebut adalah sebagai sebuah keluarga. Terutama sekali adalah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Karate, hal ini disebabkan karena pertemuan yang intensif, dan dalam latihan saya dan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Karate memegang prinsif kekeluargaan. Bahkan terkadang, saya dan para Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Karate, melakukan evaluasi bukan sekedar evaluasi tentang latihan semata, akan tetapi evaluasi pribadi mahasiswa tersebut, baik yang menyangkut kendala yang dihadapi mahasiswa dalam perkuliahan maupun kendala yang dihadapi mahasiswa tersebut di luar perkuliahan, seperti permasalahan pribadi mahasiswa tersebut tentang keluarga maupun tentang lingkungan sosial di kampus. Hal ini merupakan salah satu motivasi terbentuknya kekompakan antara saya dan mahasiswa, baik dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan, terlebih dengan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Karate. Selain bermanfaat dalam lingkup Unit Kegiatan Mahasiswa Karate, manfaat ini juga dapat dirasakan oleh institusi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, sebagai contoh, setiap kejuaraan yang dilaksanakanm Unit Kegiatan Mahasiswa karate akan membawa nama besar Institusi IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan dengan semaksimal mungkin membesarkan nama IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan prestasi yang didapatkan, baik di tingkat regional maupun di tingkat nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar