SELAMAT DATANG

Selamat Datang
di Blog Integrasi
Selamat Menikmati...

Sabtu, 27 Oktober 2012

SAP Pembelajaran SKI

MATA KULIAH                    : Pembelajaran SKI di Madrasah & Sekolah
KODE/SKS                           :
OLEH                                    : Al Juhra, M.S.I
STANDAR KOMPETENSI     : Mahasiswa dapat mengetahui sejarah Islam sejak Islam belum ada hingga berkembang Islam ke seluruh dunia, baik di masa Klasik, Pertengahan maupun perkembangan Islam di masa Modern, khususnya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diajarkan di Madrasah dan Sekolah.

No
Materi
KD
Indikator
Metode/Media
Sumber
1
Masyarakat Pra Islam
-  Menceritakan Kondisi Alam, Sosial Ekonomi Masyarakat Pra Islam
-     Mahasiswa mampu menceritakan kondisi alam dan sosial ekonomi masyarakat pra Islam
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
2
Adat Istiadat Masyarakat Arab jahiliah
-  Menceritakan keadaan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam
-  Mahasiswa mampu menceritakan keadaan adat istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
3
Masa Remaja Nabi Muhammad SAW
-  Menceritakan masa remaja/muda Nabi Muhammad saw
-  Mampu menceritakan masa remaja/muda Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
4
Keteladanan Nabi Muhammad SAW Ketika Remaja
-  Mengambil ibrah dari keteladanan Nabi Muhammad saw ketika remaja
-  Mahasiswa bisa mengambil ibrah dari keteladanan Nabi Muhammad saw ketika remaja
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
5
Kejadian Luar Biasa Sekitar Kelahiran Nabi Muhammad SAW
-  Menceritakan kejadian luar biasa sekitar kelahiran Nabi Muhammad saw
-  Menceritakan kejadian luar biasa sekitar kelahiran Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
6
Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
-  Menceritakan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
-  Mahasiswa mampu menceritakan  Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
7
Kerasulan Nabi Muhammad SAW
-  Mengambil ibrah dari Kenabian dan Kerasulan Muhammad saw
-  Mahasiswa dapat mengambil ibrah dari Kenabian dan Kerasulan Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
8
Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad SAW
-  Mendeskripsikan peristiwa kerasulan nabi Muhammad saw
-  Mengambil ibrah dari bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa mampu mendeskripsikan peristiwa kerasulan nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa dapat mengambil ibrah dari bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
9
Dakwah pada Masa Permulaan
-  Menceritakan dakwah nabi Muhammad pada masa permulaan
-  Mahasiswa mampu menceritakan dakwah Nabi Muhammad pada masa permulaan
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
10
Ketabahan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabatnya
-  Mengenal ketabahan Nabi Muhammad saw dan para sahabat
-  Mahasiswa dapat mengenal ketabahan Nabi Muhammad saw dan para sahabat
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
11
Nabi Muhammad Sebagai Rahmat bagi Seluruh Alam
-  Mendeskripsikan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam
-  Mahasiswa mampu mendeskripsikan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
12
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
-  Mendeskripsikan peristiwa isra’ dn mi’raj Nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa mampu mendeskripsikan peristiwa isra’ dn mi’raj Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
13
Hikmah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW
-  Mengambil hikmah dari isra’dan mi’raj Nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa dapat mengambil hikmah dari isra’dan mi’raj Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
14
Keperwiraan Nabi Muhammad SAW
-  Menunjukkan keperwiraan Nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa dapat menunjukkan keperwiraan Nabi Muhammad saw
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
15
Perjanjian Hudaibiyah dan Peristiwa Fathul Makkah
-  Mendeskripsikan perjanjian Hudaibiyah dan Fathul Makkah
-  Mahasiswa dapat mendeskripsikan perjanjian Hudaibiyah dan Fathul Makkah
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
4.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Jakarta. Erlangga
16
Wafatnya Nabi Muhammad SAW dan Khulafa ar-Rasyidin
-  Menghayati peristiwa wafatnya Nabi Muhammad saw
-  Mengenal para khulafa ar-Rasyidin
-  Mahasiswa dapat menghayati peristiwa wafatnya Nabi Muhammad saw
-  Mahasiswa dapat mengenal para khulafa ar-Rasyidin
· Lecturing;
· Discuss group;
1.    Badri Yatim. 2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.    Eri Rosatri. 2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.    Tim Bina Karya Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Jakarta. Erlangga


Darussalam,
Perancang,

Al Juhra, M.S.I
NIP. 19820418 200901 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar