1. Identitas Mata Kuliah
Fakultas :
Tarbiyah
Prodi/Program : TFS/S-1
Nama Mata Kuliah : Metodologi Studi Islam (MSI)
Kode Mata Kuliah : INU 3005
SKS :
2 SKS
Semester :
3 (tiga)
Kelompok Mata Kulah : MKU (Mata Kuliah Umum)
Status Mata Kuliah : Wajib bagi Seluruh Mahasiswa dalam
Lingkungan IAIN Ar-Raniry
Dosen :
Al Juhra, M.S.I
2. Kompetensi yang ingin dicapai
Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih dan membantu mahasiswa dalam
mencapai pengetahuan dalam teori-teori penelitian pada umumnya, dan penelitian ke-Islaman pada khususnya. Selain itu, mata
kuliah ini juga membantu mahasiswa untuk mampu mengaplikasikannya teori-teori
penelitian yang ada. Bagaimana mahasiswa juga mengedepankan sikap
profesionalisme dalam berkarya di segala bidang penelitian, terutama dalam
bidang penelitian studi ke-Islaman. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk
mahasiswa agar mampu mengaplikasikan pengatahuannya untuk memunculkan
paradigma-paradigma baru dalam memperkaya pengetahuan Islam, dengan tidak hanya
mengetahui teori-teori semata tanpa berbuat apa-apa.
3. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Metodologi Studi Islam dengan
kode mata kuliah INU 3005 adalah mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh
mahasiswa yang berada di lingkungan IAIN Ar-Raniry. Mata
kuliah Metodologi Studi Islam ini dilaksanakan pada setiap Semester Ganjil (semester ke-tiga). Objek kajian mata
kuliah Metodologi Studi Islam adalah agama/wahyu, karena agama adalah bagian
dari kehidupan social cultural. Kedudukan penelitian agama adalah sama dengan
penelitian lainnya. Ada 3 hal pokok mendasar yang dikaji dalam Metodologi Studi
Islam, yaitu: 1) Filsafat/kebudayaan, 2) Ilmu Sosial/Sejarah, dan 3)
Sain/Antropologi/arkeologi. Karena itu, mata kuliah ini sangat penting guna
pembekalan kepada seluruh mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan
Tinggi, terutama dalam mengkaji/meneliti yang berkaitan dengan Studi Islam.
.
4. Rincian Materi Perkuliahan
Pertemuan ke 1 : Membuat kontrak perkuliahan, memahami rambu-rambu perkuliahan, mulai dari
rencana sampai dengan penilaian dalam perkuliahan. Memahami hakikat, fungsi,
tujuan, dan ruang lingkup Metodologi Studi Islam
Pertemuan ke 2 : Memahami
Islam dan Agama-Agama di Dunia
Pertemuan ke 3 : Memahami
Peran Islam dalam Kehidupan Manusia
Pertemuan ke 4 : Memahami
Islam dan Kebudayaan
Pertemuan ke 5 : Memahami
Islam dan Kebudayaan Indonesia
Pertemuan ke 6 : Mengetahui Penelitian Agama dan Model-modelnya
Pertemuan ke 7 : Ujian Tengah Semester
Pertemuan ke 8 : Memahami Al-Quran dan Hadis sebagai Sumber Ajaran Islam
Pertemuan ke 9 : Memahami Ijtihad dan Qiyas sebagai Sumber ajaran Islam
Pertemuan ke 10 : Memahami Doktrin Kepercayaan dalam Islam
Pertemuan ke 11 : Memahami Ritual dan Institusi Islam
Pertemuan ke 12 : Memahami Sejarah Islam
Pertemuan ke 13 : Memahami Dimensi dan Aliran Pemikiran Islam
Pertemuan ke 14 : Memahami Studi Kawasan dan Islam dewasa Ini
Pertemuan ke 15 : Memahami Islam dan Dunia Kontemporer
Pertemuan ke 16 : Islam, Moral, Kemanusiaan, Keluarga dan Masyarakat
5. Pendekatan Pembelajaran
Dosen Memodelkan Pembelajaran aktif beberapa topik
di hadapan mahasiswa. Setelah mengkahji dan mendikuskusikan tingkat ke-active
learning-an dari model yang diberikan, dan mengembangkan ide pembelajaran yang
lebih active leraning untuk topik selanjutnya. Selain dosen, mahasiswa juga
diharuskan mengaplikasikan pmebelajaran beberapa topik di ruang kelas.
Metode : ceramah, diskusi, debat, praktik, dan FGD.
Tugas : membuat konsep dan kerangka pembelajaran, pohon
harapan, makalah pribadi dan kelompok tentang permasalahan pembelajaran Metodologi
Studi Islam dan pemecahannya,
penyajian presentasi dan diskusi, praktek ke lapangan.
Media :
OHP/Infocus/Laptop/Power Point.
6. Referensi
1.
Abuddin Nata. (2003). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
2.
Amirul Hadi dan H. Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Bandung: CV Pustaka Setia.
3. Anselm Stauss & Juliet Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian
Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
4. Atang Abd. Hakim dan Jaih Mubarok. (2007). Metodologi Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
5.
Burhan Bungin. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:
Kencana.
6.
Deddy Mulyana. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
7.
Lexy J. Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
8.
Masyhuri dan M. Zainuddin. (2008). Metodologi Penelitian. Bandung:
PT Refika Aditama.
9.
Moh. Nazir. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia
Indonesia.
10. Nana Syaodih Sukmadinata. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
11.
Zakiah Daradjat. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Rujukan Anjuran (RA)
1.
Djudju Sudjana. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
2.
Martinis Yamin. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktif. Jakarta:
GP Press.
3.
Masnur Muslich. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan
Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
4.
Melvin L Silberman. (2006). Active Learning. Bandung: Nusa Media.
5.
Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
6.
Subana, dkk. (2006). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka
Setia.
7.
Zakiah Daradjat. (2001). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta:
Bumi Aksara.
7. Rincian Materi Perkuliahan
Pert
Ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Hasil Belajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Petugas
|
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
1
|
Membuat kontrak perkuliahan, memahami rambu-rambu perkuliahan, mulai dari
rencana sampai dengan penilaian dalam perkuliahan;
Memahami hakikat,
fungsi, tujuan, dan ruang lingkup Metodologi Studi
Islam
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat, fungsi dan tujuan Metodologi
Studi Islam;
· Mahasiswa mampu Mendeskripsikan ruang lingkup bidang studi Metodologi
Studi Islam.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Bersama
|
2
|
Memahami Islam dan Agama-Agama di Dunia
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan
bagaimana pertumbuhan studi Islam di dunia;
· Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana signifikansi studi Islam.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok I:
Sri Purwanti Sri Lindawati Mita Fitrati |
3
|
Memahami Peran Islam dalam Kehidupan Manusia
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan tauhid dengan ilmu
pengetahuan;
· Mahasiswa mampu memhamami paradigm Ilmu-ilmu Islami;
· Mahasiswa mampu memberikan paradigm baru tentang ilmu-ilmu Islami.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok II:
Novi Sari Liani Magfirah Azizah |
4
|
Memahami Islam dan Kebudayaan
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi Kebudayaan;
· Mahasiswa dapat menjelaskan unsure apa saja yang terkandung dalam
kebudayaan;
· Mahasiswa dapat mengenali kebudayaan masing-masing;
· Mahasiswa dapat membedakan Islam dengan Kebudayaan Islami.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok III:
Cici Rian AgustinaHilda Mazlina Darmawati |
5
|
Memahami Islam dan Kebudayaan Indonesia
|
· Mahasiswa dapat mengetahui inovasi kebudayaan Islam dalam Seni,
Sastra dan Arsitektur;
· Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan dan perbedaan antara Islam
dengan Adat Melayu.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok IV:
Nike Listyani Nurmita Ramadani |
6
|
Mengetahui Penelitian Agama dan Model-modelnya.
|
· Mahasiswa mampu membedakan pengertian antara penelitian dengan
penelitian agama;
· Mahasiswa mampu membedakan pengertian antara penelitian agama
dengan penelitian keagamaan;
· Mahasiswa dapat memahami teori-teori penelitian keagamaan;
· Mahasiswa mengetahui model-model penelitian keagamaan.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok V:
Nova Ridyawati Zakiatun Nufus |
7
|
-
|
· -
|
-
|
|
8
|
Memahami Al-Quran dan Hadis sebagai
Sumber Ajaran Islam
|
· Mahasiswa Mengetahui secara spesifik tentang fungsi Al-Quran;
· Mahasiswa dapat Memahami dan dapat Menjelaskan perbedaan antara
Ulumul Quran dengan Tafsir;
· Mahasiswa dapat mengetahui posisi dan fungsi hadis dalam
menetapkan hukum dalam rujukan ketika meneliti;
· Mahasiswa dapat mengetahui secara spesifik tentang sejarah dan
kodifikasi hadis;
· Mahasiswa dapat menjelaskan apa saja unsur-unsur sehingga dapat
dikatakan dalil itu sebuah Hadis.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok VI:
Nur MasyitahSidyatil Ula Agusnita |
9
|
Memahami Ijtihad dan Qiyas sebagai Sumber
ajaran Islam
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Ijtihad dan Qiyas;
· Mahasiswa mampu membedakan mana yang Ijtihada dan mana yang Qiyas;
· Mahaiswa mampu menyebutkan dasar-dasar Ijtihad dan Qiayas;
· Mahasiswa mampu menjelaskan syarat-syarat Qiyas;
· Mahasiswa mampu mendiskripsikan di mana saja Ijtihada dan Qiyas
tersebut dapat dilakukan;
· Mahaiswa mampu memberikan contoh dalil, baik dalil aqli maupun
naqli tentang Ijtihad dan Qiyas.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok VII:
Ria Rahayu Usrah Isni Wardatun |
10
|
Memahami Doktrin Kepercayaan dalam Islam
|
· Mahasiswa mampu mendalami dan menghayati secara dalam tentang
rukun iman;
· Mahasiswa mampu menjelaskan secara logis tentang kemustahilan
menemukan zat Allah swt;
· Mahasiswa mampu memberikan argument dan mempertahankan argument
tentang keberadaan Allah swt;
· Mahasiswa dapat memberikan dalil tentang Zat dan Keberadaan Allah.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok VIII:
Kausar M. Edi Risjal Bustamin |
11
|
Memahami Ritual dan Institusi Islam.
|
· Mahasiswa mampu mendiskripsikan bagaimana ritual dalam perspektif
sosiologi;
· Mahasiswa dapat mendiskripsikan bagaimana ritual dalam Islam, dan
bagaimana perbedaan ritual agama Islam dengan Agama yang lain;
· Mahasiswa dapat memahami institusi dalam Islam;
· Mahasiswa dapat mengetahui fungsi dan unsur-unsur institusi dalam
Islam.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok IX:
Nurul Safrina Fitri Roslina Desi Maida |
12
|
Memahami Sejarah Islam
|
· Mahasiswa mampu memahami fase-fase sejarah dalam Islam secara
detail;
· Mahasiswa memahami bagaimana Islam pada periode Kalsik, periode
Pertengahan, dan periode Modern.
|
-
|
Kelompok X:
Muharil T. Safrizal Kamarullah |
13
|
Memahami Dimensi dan Aliran Pemikiran
Islam
|
· Mahasiswa mampu memahami Dimensi-dimensi yang ada dalam Islam;
· Mahasiswa dapat mengetahui aliran-aliran dalam pemikiran Islam;
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok XI: Rita Mailisa Cut Hasina Musdalifah |
14
|
Memahami Studi Kawasan dan Islam dewasa
Ini
|
· Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan bagaimana Islam Dewasa
ini jika dilihat dari Afrika Timur, Asia Tenggara, dan Cina.
|
·
Lecturing
·
Discuss
group
|
Kelompok XII: Yesi Nur Hikmah Ismarni |
15
|
Memahami Islam dan Dunia Kontemporer
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan tentang Islam dan tradisi-tradisi yang
ada di Indonesia sekarang ini;
· Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana reaksi pemikir-pemikir Islam
terhadap Globalisasi sekarang;
· Mahasiswa mampu memberikan konstribusi pemikiran terhadap
Globalisasi sekarang
|
·
Lecturin
· Discuss group |
Kelompok XIII:
Roslita
Ilmaini
Elma Zuri |
16
|
Islam, Moral, Kemanusiaan, Keluarga dan
Masyarakat.
|
· Mahasiswa mampu mendiskripsikan Islam dan Moral ditinjau dari Nabi
Muhammad diutus ke dunia;
· Mahasiswa mampu mendiskripsikan fungsi Islam terhadap kemanusiaan;
· Mahasiswa mampu
|
·
Lecturing
· Discuss group |
Kelompok XIV:
Sartika Irma Fitri Safitri Raufa |
Banda Aceh, Oktober 2012
Dosen Ybs,
Al Juhra, M.S.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar