SELAMAT DATANG

Selamat Datang
di Blog Integrasi
Selamat Menikmati...

Selasa, 23 Oktober 2012

SAP METODOLOGI PENELITIAN


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Universitas/Institut                    : IAIN Ar-Raniry
Fakultas                                   : Tarbiyah
Prodi/Program                         : Pendidikan Agama Islam (PAI)/S-1
Mata Kuliah/Kode                  : Metodologi Penelitian/MKK 5001
Bobot SKS                              : 2 SKS
Semester/Tahun                       : Ganjil/Tahun Akademik 2010/2011
Dosen Pengasuh                      : Al Juhra, M.S.I

A.      DESKRIPSI MATA KULIAH             
Mata kuliah Metodologi Penelitian dengan kode mata kuliah MKK 5001 adalah mata kuliah keahlian yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa di masing-masing program studi yang berada di lingkungan IAIN Ar-Raniry. Mata kuliah Metodologi Penelitian ini dilaksanakan pada Semester  Ganjil, yaitu semester kelima. Objek kajian mata kuliah Metodologi Penelitian adalah ranah pemikiran manusia, di mana pemikiran tersebut akan mendapatkan paradigma baru melalui sebuah pemikiran yang selanjutnya melahirkan sebuah keilmuan yang dapat diterima kebenarannya. Karena tujuan metodologi penelitian ini adalah mengajarkan teori-teori penelitian yang kebenarannya hasil penelitiannya akan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan publik dengan data-data yang valid. Dengan kata lain, objek metodologi penelitian adalah segala aspek dari kehidupan sosial kultural manusia. Kedudukan metodologi penelitian adalah sama dengan penelitian-penelitian lainnya. Ada 3 hal pokok mendasar yang menjadi sistem dalam Metodologi Penelitian, yaitu: 1) Penelitian (sebagai proses mendapatkan ilmu), 2) Ilmu (sebagai proses mendapatkan kebenaran, dan 3) Kebenaran (kebenaran ilmiah dapat diterima dikarenakan oleh tiga hal, yaitu: a. Adanya Koheren, b. Adanya Koresponden, dan c. Pragmatis). Karena itu, mata kuliah ini sangat penting guna pembekalan kepada seluruh mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam mengkaji/meneliti dalam berbagai bidang keilmuan.

B.       STANDAR KOMPETENSI   
Agar Mahasiswa memiliki pengetahuan dalam teori-teori penelitian, dan mampu mengaplikasikannya di kehidupan dalam bentuk karya ilmiah. Selain itu, mahasiswa mengedepankan sikap profesionalisme dalam berkarya di segala bidang penelitian. Mahasiswa juga mampu mengaplikasikan pengatahuannya untuk memunculkan paradigma-paradigma baru dalam memperkaya pengetahuan, dengan tidak hanya mengetahui teori-teori semata tanpa berbuat apa-apa. Paling terpenting adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori penelitian ini dalam bentuk penyusunan skripsi.


C.      PERENCANAAN  MATERI KULIAH  PEMBELAJARAN  METODOLOGI PENELITIAN

Ke
Kompetensi Dasar
Sub Pokok Bahasan dan Rincian Materi
Tujuan Pembelajaran Khusus
(performansi/indikator)
Proses Pembelajaran
Tugas dan Evaluasi
Sumber Rujukan
1
2
3
4
5
6
7
1
Membuat kontrak perkuliahan, memahami rambu-rambu perkuliahan, mulai dari rencana sampai dengan penilaian dalam perkuliahan;
Memahami hakikat, fungsi, tujuan, dan ruang lingkup Metodologi Penelitian
Ø Pembukaan Perkuliahan;
Ø Kontrak Perkuliahan; Tugas;
Ø dan Penilaian Perkuliahan;
Ø Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Metodologi Penelitian.
· Mahasiswa mengetahui sistem perkuliahan;
· Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat, fungsi dan tujuan Metodologi Penelitian;
· Mahasiswa mampu Mendeskripsikan ruang lingkup bidang studi Metodologi Penelitian.
· Lecturing;
· Memberi pandangan tentang sistem perkuliahan.
· Membuat pohon harapan;
· Pretest.
· RU 1, BAB 1
· RU 2, BAB 1
· RU 3, BAB 1
· RU 6, BAB 1
· RU 9, BAB 1
· RA 1, BAB 2
· RA 3, BAB 2
· RA 9, BAB 1
· RA 9, BAB 2
· RA 12, BAB 1 (B, C, D)
2
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Ø Ilmu dan Proses Berpikir;
Ø Apa yang dimaksud dengan Penelitian;
Ø Ilmu, Penelitian dan Kebenaran;
Ø Proposisi, Teori dan Fakta;
Ø Kebenaran Non-Ilmiah.
· Mahasiswa mmengetahui hubungan ilmu dengan proses berpikir manusia;
· Mahasiswa dapat menjelaskan apa itu penelitian;
· Mahasiswa dapat mendiskripsikan proses sebuah kebenaran;
· Mahasiswa mengetahui kebenaran di dunia bukan semata kebenaran ilmiah semata tetapi ada juga kebenaran yang non-ilmiah.
· Lecturing;
· FGD yang terdiri dari 2-3 orang.
· Resitasi;
· Tes Lisan.
· RU 1, BAB 3
· RU 2, BQB 1
· RU 3, BAB 1
· RU 6, BAB 1
· RU 7, BAB 1
· RU 8, BAB 1
· RA 2, BAB 6
· RA 3, BAB 3
3
Peranan dan Jenis-jenis Penelitian
Ø Kegunaan dan Peranan Penelitian;
Ø Jenis-jenis Penelitian;
Ø Penelitian Ilmu Sosial vs Ilmu Natura;
Ø Beberapa Sifat ciri khas Penelitian;
Ø Syarat Utama untuk Berhasilnya Penelitian.
· Mahasiswa memahami kegunaaan penelitian, serta bagaimana peran penelitian dalam mengkaji keilmuan;
· Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis penelitian, sehingga dalam penelitian tidak salah dalam membuat kerangka penelitian;
· Mahasiswa mampu membandingkan penelitian sosial dengan penelitian natura;
· Mahasiswa dapat memamahi ciri-ciri sebuah penelitian, sehingga mampu menjadikan penelitian tersebut ilmiah;
· Mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil penelitiannya dalam keseharian, sehingga penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil. Namun, keberahsialan tersebut memiliki syarat-syarat sehingga penelitian itu dikatakan berhasil.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis.
· RU 2
· RU 6, BAB 2
· RU 6, BAB 3
· RU 7, BAB 2
· RU 8, BAB 1
· RA 9, BAB 1
4
Metode Ilmiah


Ø Apa yang Dimaksud dengan Metode Ilmiah;
Ø Kriteria Metode Ilmiah;
Ø Langkah-langkah dalam Metode Ilmiah.
· Mahasiswa mampu membedakan mana metode yang ilmiah dan mana yang non-ilmiah;
· Mahasiswa mengetahui kriteria metode ilmiah;
· Mahasiswa dapat menerapkan langkah-langkah metode ilmiah dalam melakukan penelitian, sehingga penelitian tersebut dapat dikatakan ilmiah dan dengan data yang akurat dan valid.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis.
· RU 7, BAB 1, 3
· RU 2, BAB 4, 10
· RU 8, BAB 1, 2, 4
5
Metode Penelitian
Ø Metode Sejarah;
Ø Metode Deskriptif;
Ø Metode Eksperimental;
Ø Metode Grounded Reseach;
Ø Metode Penelitian Tindakan;
Ø Metode Penelitian Tindakan Kelas;
Ø Metode Evaluatif.
· Mahasiswa mampu membedakan metode-metode dalam penelitian, dan dapat mengambil salah satu model metode penilitian tersebut, dalam melaksanakan penelitian ilmiah. Baik dalam pembuatan skripsi ataupun dalam penelitian-penelitian ilmiah lainnya. Sehingga dalam penelitian tidak salah memilih metode dengan teori ataupun analisis data yang akan dilakukan.
· Lecturing;
· Discuss group;
· FGD yang teridiri dari 2-3 orang.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
· RU 3, BAB 7
· RU 6, BAB 4
· RU 7, BAB 1, 3
· RU, 8, BAB 2, 9
· RA 2, BAB 5, 11
· RA 4, BAB 6
· RA 6, BAB 3
· RA 6, BAB 7
· RA 9, BAB 3, 4, 6, 7, 9
· RA 11, BAB 5
6
Desain Penelitian
Ø Desain dalam Merencanakan Penelitian;
Ø Desain Pelaksanaan Penelitian;
Ø Jenis-jenis Desain penelitian;


· Mahasiswa mampu membuat konsep penelitian, sehingga tetap berada dalam jalur penelitian yang ilmiah;
· Mahasiswa mampu membuat desain penelitian tersebut, sehingga dalam penelitian memiliki langkah-langkah jelas untuk mendapatkan data yang valid, sinkron, berkesinambungan dan dapat dipertanggungjawabkan didepan publik.
· Mahasiswa dpat memilih desain penelitian yang sesuai dengan model metode penelitian yang mereka lakukan, sehingga tidak terjadikesalahan dalam menganalisis data.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
· RU 2, BAB 7
· RU 3, BAB 4
· RU 7, BAB 5
· RA 2, BAB 12
· RA 9, BAB 12
7
-
Ø Ujian Tengah Semester
· Mahasiswa menguasai materi 1-6 secara teori.
· Individu.
· Tes Tulis
· Mandiri
8
Studi Kepustakaan
Ø Mengenal Perpustakaan;
Ø Sumber pada Perpustakaan;
Ø Sumber Bacaan;


· Mahasiswa mengenal literatur yang ada diperpustakaan, yang dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.
· Mahasiswa dapat memahami bentuk literatur apa saja yang terdapat di perpustakaan, sehingga literatur tersebut dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.
· Mahasiswa mampu menjadikan literatur tersebut sebagai sumber bacaan utama dalam melaksankan penelitian, selain didukung oleh literatur lainnya yang berkaitan.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek ke lapangan.
· RU 1, BAB 4
· RU 7, BAB 6
· RU 3, BAB 6
9
Merumuskan Latar Belakang Masalah, Identifikasi Perumusan Masalah, Tujuan dan kegunaan Penelitian,  Telaah Pustaka.
Ø Ciri-Ciri Masalah yang Baik;
Ø Sumber untuk Memperoleh Masalah;
Ø Cara Merumuskan Masalah;
Ø Menelaah Karya Ilmiah yang Sudah Ada.
· Mahasiswa mampu membuat permasalahan yang ilmiah, baik dari lingkungan, pengalaman pribadi ataupun literatur bacaan;
· Mahasiswa mengetahui dari mana saja permasalaan tersebut dapat ditemukan;
· Mahasiswa mengetahui teknik perumusan masalah yang benar;
· Mahasiswa mampu menganalisis karya ilmiah yang sudah ada, sesuai dengan teori yang sudah diberikan
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi
· Tes lisan;
· Praktek.
· RU 1, BAB 2
· RU 3, BAB 3
· RU 5, BAB 3
· RU 6, BAB 5, 6, 7
· RU 7, BAB 7
· RU 8, BAB 1
· RA 9, BAB 12
10
Memilih Variabel dan Teknik Pengukurannya
Ø Konsep, Konstrak dan Variabel;
Ø Mendefinisikan Variabel;
Ø Teknik Pengukuran;
Ø Reliabilitas dan Validitas.
· Mahasiswa mengetahui konsep, konstrak dan variabel penelitian, sehingga mahasiswa dapat melakukan penelitian yang sesuai dengan tingkat variabel tersebut, dan penelitiann tersebut berada di atas jalur yang benar;
· Mahsiswa dapat me,mberikan deefinisi yang benar terhadap variabel, sehingga memudahkan mahasiswa dalam menganalisis data sesuai dengan variabel yang ada;
· Mahasiswa mampu mengukur variabel-varibel yang dalam penelitian dengan menggunakan data yang akurat;
· Mahasiswa mampu membuktikan bahwa variabel tersebut memiliki data yang akurat dan valid, sehingga hasil penelitian  ilmiah tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi
· Tes Tulis;
· Praktek.
· RU 1, BAB 13
· RU 2, BAB 5
· RU 3, BAB 10
· RU 8, BAB 3, 6, 8
· RA 2, BAB 8
· RA 7, BAB 8
· RA 9, BAB 10
11
Merumuskan dan Menguji Hipotesis


Ø Merumuskan Hipotesis;
Ø Menguji Hipotesis.
· Mahasiswa mampu merumuskan hipotesis yang ada dalam penelitian, dengan melihat kepada jumlah variabel, sehingga hipotesis tersebut sinkron dengan penelitian;
· Mahaisswa memahami pembagian hipotesis dan dapat memberikan contoh hipotesis yang baik;
· Setelah membuat hipotesis, mahasiswa mampu menguji hipotesis, dengan menganalisis data yang didapatkan, sehingga diketahui apakah hipotesis tersebut diterima atau ditolak.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
· RU 2, BAB 6
· RU 6, BAB 8
· RU 8, BAB 3, 5, 10
· RU 7, BAB 9
· RA 1, BAB 5
· RA 2, BAB 8
· RA 10
12
Mengumpulkan Data dan Analisis Data
Ø Mengumpulkan Data dengan Observasi Langsung;
Ø Mengumpulkan Data dengan Wawancara;
Ø Mengumpulkan Data melalui Daftar Pertanyaan;
Ø Daftar Pertanyaan yang Dikirimkan;
Ø Studi Pendahuluan dan Pretest;
Ø Beberapa Metode Pengumpulan Data yang Lain;
Ø Analisis data kualitatif;
Ø Analisis data kuantitatif.
· Mahasiswa mampu mengumpulkan data yang akan dianalisis dalam penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data yang ada, dengan menyesuaikan model metode penelitian yang dilakukan;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data dengan wawancara;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data dengan pertanyaan;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data dengan metode yang lainnya.
· Mahasiswa dapat membedakan analisis data yang digunakan dalam penelitian, apakah data tersebut sesuai penganalisisannya melalui data kualitatif ataupun dengan data kuantitatif.


· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek ke lapangan.
· RU 2, BAB 9
· RU 3, BAB 4, 6
· RU 5, BAB 5
· RU 7, BAB 10
· RU 8, BAB 3, 8
· RA 1, BAB 5, 6
· RA 2, BAB 14
· RA 3, BAB 4
· RA 8, BAB 4
· RA 9, BAB 10
13
Populasi dan Sampel;
Kesimpulan dan Saran.
Ø Penentuan Populasi;
Ø Penentuan Sampel;
Ø Menarik Kesimpulan;
Ø Membuat Saran.
· Mahasiswab dapat mendefinikan populasi dan sampel;
· Mahasiswa mampu menentukan sampel dari populasi yang ada.
· Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana cara pengambilan populasi;
· Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana cara pengambilan sampel yang terdapat dalam populasi;
· Mahasiswa mampu membuat kesimpulan dari substansi hasil penelitiannya, dan kesimpulan sesui dengan rumusan masalah yang diajukan;
· Mahasiswa dapat membuat saran yang sesuai dengan objek penelitian yang dilakukan.
· Lecturing;
· Discuss group.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
· RU 2, BAB 8
· RU 6, BAB 9, 10, 11
· RU 7, BAB 13
· RA 1, BAB 7
· RA 2, BAB 13
· RU 8, BAB 7
· RA 9, BAB 11
14
Penelitian Kualitatif
Ø Fondasi Penelitian Kualitatif;
Ø Paradigma Penelitian Kualitatif;
Ø Teknik Penelitian;
Ø Analisis dan Interpretasi Data.
· Mahasiswa dapat mengenal penelitian kualitatif secara mendalam;
· Mahasiswa dapat mengetahui model penelitian apa saja yang tergolong dalam penelitian kualitatif;
· Mahasiswa mampu menerapkan teknik penelitian yang sesuai dengan penelitian kualitatif;
· Mahasiswa dapat memahami teknik analisis data dalam penelitian kualitatif, sehingga tidak salah dalam mendapatkan hasil penelitian.
· Lecturing;
· Discuss group.


· Resitasi;
· Tes Tulis.
· RU 3
· RU 3, BAB 9
· RU 4, BAB 4
· RU 5
· RU 5, BAB 1, 2, 6
· RU 6, BAB 2
· RU 7, BAB 2
· RU 9, BAB 3
· RA 1, BAB 1, 3
· RA 9, BAB 3, 5
15
Penelitian Kuantitatif


Ø Landasan Pemikiran operasional;
Ø Paradigma Penelitian Kualitatif;
Ø Teknik Penelitian;
Ø Analisis dan Interpretasi Data.
· Mahasiswa dapat mengenal penelitian kuantitatif secara mendalam;
· Mahasiswa dapat mengetahui model penelitian apa saja yang tergolong dalam penelitian kuantitatif;
· Mahasiswa mampu menerapkan teknik penelitian yang sesuai dengan penelitian kuantitatif;
· Mahasiswa dapat memahami teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif, sehingga tidak salah dalam mendapatkan hasil penelitian.
· Lecturing;
· Discuss group.


· Resitasi;
· Tes Tulis.
· RU 2
· RU 6, BAB 2
· RU 7, BAB 2, 16
· RA 9, BAB 3
16
Penyusunan Proposal Penelitian
Ø Pemilihan dan Perumusan Masalah penelitian;
Ø Langkah-langkah Penyusunan Proposal;
Ø Garis Besar Isi Proposal;
Ø Bentuk-bentuk Proposal.
· Mahasiswa dapat mempraktekkan pembuatan rumusan masalah dari judul yang ada;
· Mahasiswa mengetahui langkah-langkah penyusunan proposal yang sesuai dengan buku panduan karya ilmiah yang diakui;
· Mahasiswa dapat membuat isi proposal secara garis besar;
· Mahasiswa mengetahui bentuk-bentuk proposal penelitian ilmiah, selain yang diakui dalam pemebuatan karya ilmiah skripsi di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.
· Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian skripsi secara individu dengan baik.
· Lecturing;
· Discuss group;
· FGD yang terdiri dari 2-3 orang.
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek menyusun Proposal.
· RU 2, BAB 6
· RU 3, BAB 11
· RU 6, BAB 4
· RU 5, BAB 8, 9
· RU 7, BAB 17
· RA 1, BAB 9
· RA 2, BAB 16
· RA 5, BAB 11
· RU 8, BAB 3, 11
· RA 9, BAB 13


D.      RUJUKAN
Rujukan Utama (RU)
1.         Anselm Stauss & Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).
2.         Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006).
3.         _____________, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: kencana Prenada Media Group, 2007).
4.         Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya(2006),.
5.         Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).
6.         Masyhuri dan M. Zainuddin, Metodologi Penelitian, (Bandung: PT Refika Aditama, 2008).
7.         Moh. Nazir, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2005).
8.         Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).

Rujukan Anjuran (RA)
1.         Amirul Hadi dan H. Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2005).
2.         Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad, Metode Penelitian Dakwah, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2003).
3.         Dadang Ahmad, Metode Penelitian Agama, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2000).
4.         Djudju Sudjana, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006).
5.         Martinis Yamin, Paradigma Pendidikan Konstruktif, (Jakarta: GP Press, 2008).
6.         Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
7.         Melvin L Silberman, Active Learning, (Bandung: Nusa Media, 2006).
8.         Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
9.         Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).
10.     Subana dan Moersetyo Rahadi, Statistik Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2006).
11.     Zakiah Daradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).
12.     _____________, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001).

                                                                                                                                                Banda Aceh, 2 September 2010   
Mengetahui,
Ketua Prodi PAI                                                                       Dosen yang Bersangkutan,

Drs. H. Umar Ali Aziz, MA                                                   Al Juhra, M.S.I
NIP. 19480803 198303 1 001                                                   NIP. 19820418 200901 1 014