SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Universitas/Institut : IAIN Ar-Raniry
Fakultas : Tarbiyah
Prodi/Program :
Pendidikan Agama Islam (PAI)/S-1
Mata Kuliah/Kode : Metodologi Penelitian/MKK 5001
Bobot SKS :
2 SKS
Semester/Tahun : Ganjil/Tahun Akademik 2010/2011
Dosen Pengasuh : Al Juhra,
M.S.I
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Metodologi Penelitian dengan kode mata
kuliah MKK 5001 adalah mata kuliah keahlian yang wajib diambil oleh seluruh
mahasiswa di masing-masing program studi yang berada di lingkungan IAIN
Ar-Raniry. Mata kuliah Metodologi Penelitian ini
dilaksanakan pada Semester Ganjil, yaitu
semester kelima. Objek kajian mata kuliah Metodologi Penelitian adalah ranah pemikiran manusia, di mana pemikiran
tersebut akan mendapatkan paradigma baru melalui sebuah pemikiran yang
selanjutnya melahirkan sebuah keilmuan yang dapat diterima kebenarannya. Karena
tujuan metodologi penelitian ini adalah mengajarkan teori-teori penelitian yang
kebenarannya hasil penelitiannya akan dapat dipertanggungjawabkan di hadapan
publik dengan data-data yang valid. Dengan kata lain, objek metodologi
penelitian adalah segala aspek dari kehidupan sosial kultural manusia. Kedudukan metodologi penelitian adalah sama dengan penelitian-penelitian lainnya. Ada 3
hal pokok mendasar yang menjadi
sistem dalam Metodologi Penelitian, yaitu: 1) Penelitian (sebagai proses mendapatkan ilmu), 2)
Ilmu (sebagai proses mendapatkan kebenaran, dan 3) Kebenaran (kebenaran ilmiah dapat diterima
dikarenakan oleh tiga hal, yaitu: a. Adanya Koheren, b. Adanya Koresponden, dan
c. Pragmatis). Karena itu, mata kuliah ini sangat
penting guna pembekalan kepada seluruh mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma
Perguruan Tinggi, terutama dalam mengkaji/meneliti dalam berbagai bidang keilmuan.
B. STANDAR KOMPETENSI
Agar Mahasiswa memiliki
pengetahuan dalam teori-teori penelitian, dan mampu mengaplikasikannya di
kehidupan dalam bentuk karya ilmiah. Selain itu, mahasiswa mengedepankan sikap
profesionalisme dalam berkarya di segala bidang penelitian. Mahasiswa juga mampu
mengaplikasikan pengatahuannya untuk memunculkan paradigma-paradigma baru dalam
memperkaya pengetahuan, dengan tidak hanya mengetahui teori-teori semata tanpa
berbuat apa-apa. Paling terpenting
adalah mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori penelitian ini dalam bentuk penyusunan
skripsi.
C. PERENCANAAN MATERI KULIAH
PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN
Ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Sub
Pokok Bahasan dan Rincian Materi
|
Tujuan
Pembelajaran Khusus
(performansi/indikator)
|
Proses
Pembelajaran
|
Tugas
dan Evaluasi
|
Sumber
Rujukan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Membuat kontrak perkuliahan,
memahami
rambu-rambu perkuliahan, mulai dari rencana sampai dengan penilaian dalam
perkuliahan;
Memahami
hakikat, fungsi, tujuan, dan ruang lingkup Metodologi
Penelitian
|
Ø Pembukaan Perkuliahan;
Ø Kontrak Perkuliahan; Tugas;
Ø dan Penilaian Perkuliahan;
Ø Hakikat, Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Metodologi Penelitian.
|
· Mahasiswa mengetahui sistem perkuliahan;
· Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat, fungsi dan
tujuan Metodologi Penelitian;
· Mahasiswa mampu Mendeskripsikan ruang lingkup
bidang studi Metodologi Penelitian.
|
· Lecturing;
· Memberi pandangan tentang sistem perkuliahan.
|
· Membuat pohon harapan;
· Pretest.
|
· RU 1, BAB 1
· RU 2, BAB 1
· RU 3, BAB 1
· RU 6, BAB 1
· RU 9, BAB 1
· RA 1, BAB 2
· RA 3, BAB 2
· RA 9, BAB 1
· RA 9, BAB 2
· RA 12, BAB 1 (B, C, D)
|
2
|
Ilmu
Pengetahuan dan Penelitian
|
Ø Ilmu dan Proses Berpikir;
Ø Apa yang dimaksud dengan Penelitian;
Ø Ilmu, Penelitian dan Kebenaran;
Ø Proposisi, Teori dan Fakta;
Ø Kebenaran Non-Ilmiah.
|
· Mahasiswa mmengetahui hubungan ilmu dengan
proses berpikir manusia;
· Mahasiswa dapat menjelaskan apa itu penelitian;
· Mahasiswa dapat mendiskripsikan proses sebuah
kebenaran;
· Mahasiswa mengetahui kebenaran di dunia bukan
semata kebenaran ilmiah semata tetapi ada juga kebenaran yang non-ilmiah.
|
· Lecturing;
· FGD yang terdiri dari 2-3 orang.
|
· Resitasi;
· Tes Lisan.
|
· RU 1, BAB 3
· RU 2, BQB 1
· RU 3, BAB 1
· RU 6, BAB 1
· RU 7, BAB 1
· RU 8, BAB 1
· RA 2, BAB 6
· RA 3, BAB 3
|
3
|
Peranan dan
Jenis-jenis Penelitian
|
Ø Kegunaan dan Peranan Penelitian;
Ø Jenis-jenis Penelitian;
Ø Penelitian Ilmu Sosial vs Ilmu Natura;
Ø Beberapa Sifat ciri khas Penelitian;
Ø Syarat Utama untuk Berhasilnya Penelitian.
|
· Mahasiswa memahami kegunaaan penelitian, serta
bagaimana peran penelitian dalam mengkaji keilmuan;
· Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis
penelitian, sehingga dalam penelitian tidak salah dalam membuat kerangka
penelitian;
· Mahasiswa mampu membandingkan penelitian sosial
dengan penelitian natura;
· Mahasiswa dapat memamahi ciri-ciri sebuah
penelitian, sehingga mampu menjadikan penelitian tersebut ilmiah;
· Mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil
penelitiannya dalam keseharian, sehingga penelitian tersebut dapat dikatakan
berhasil. Namun, keberahsialan tersebut memiliki syarat-syarat sehingga
penelitian itu dikatakan berhasil.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis.
|
· RU 2
· RU 6, BAB 2
· RU 6, BAB 3
· RU 7, BAB 2
· RU 8, BAB 1
· RA 9, BAB 1
|
4
|
Metode
Ilmiah
|
Ø Apa yang Dimaksud dengan Metode Ilmiah;
Ø Kriteria Metode Ilmiah;
Ø Langkah-langkah dalam Metode Ilmiah.
|
· Mahasiswa mampu membedakan mana metode yang
ilmiah dan mana yang non-ilmiah;
· Mahasiswa mengetahui kriteria metode ilmiah;
· Mahasiswa dapat menerapkan langkah-langkah
metode ilmiah dalam melakukan penelitian, sehingga penelitian tersebut dapat
dikatakan ilmiah dan dengan data yang akurat dan valid.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis.
|
· RU 7, BAB 1, 3
· RU 2, BAB 4, 10
· RU 8, BAB 1, 2, 4
|
5
|
Metode
Penelitian
|
Ø Metode Sejarah;
Ø Metode Deskriptif;
Ø Metode Eksperimental;
Ø Metode Grounded Reseach;
Ø Metode Penelitian Tindakan;
Ø Metode Penelitian Tindakan Kelas;
Ø Metode Evaluatif.
|
· Mahasiswa mampu membedakan metode-metode dalam
penelitian, dan dapat mengambil salah satu model metode penilitian tersebut,
dalam melaksanakan penelitian ilmiah. Baik dalam pembuatan skripsi ataupun
dalam penelitian-penelitian ilmiah lainnya. Sehingga dalam penelitian tidak
salah memilih metode dengan teori ataupun analisis data yang akan dilakukan.
|
· Lecturing;
· Discuss group;
· FGD yang teridiri dari 2-3 orang.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
|
· RU 3, BAB 7
· RU 6, BAB 4
· RU 7, BAB 1, 3
· RU, 8, BAB 2, 9
· RA 2, BAB 5, 11
· RA 4, BAB 6
· RA 6, BAB 3
· RA 6, BAB 7
· RA 9, BAB 3, 4, 6, 7, 9
· RA 11, BAB 5
|
6
|
Desain
Penelitian
|
Ø Desain dalam Merencanakan Penelitian;
Ø Desain Pelaksanaan Penelitian;
Ø Jenis-jenis Desain penelitian;
|
· Mahasiswa mampu membuat konsep penelitian,
sehingga tetap berada dalam jalur penelitian yang ilmiah;
· Mahasiswa mampu membuat desain penelitian
tersebut, sehingga dalam penelitian memiliki langkah-langkah jelas untuk
mendapatkan data yang valid, sinkron, berkesinambungan dan dapat
dipertanggungjawabkan didepan publik.
· Mahasiswa dpat memilih desain penelitian yang
sesuai dengan model metode penelitian yang mereka lakukan, sehingga tidak
terjadikesalahan dalam menganalisis data.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
|
· RU 2, BAB 7
· RU 3, BAB 4
· RU 7, BAB 5
· RA 2, BAB 12
· RA 9, BAB 12
|
7
|
-
|
Ø Ujian Tengah Semester
|
· Mahasiswa menguasai materi 1-6 secara teori.
|
· Individu.
|
· Tes Tulis
|
· Mandiri
|
8
|
Studi
Kepustakaan
|
Ø Mengenal Perpustakaan;
Ø Sumber pada Perpustakaan;
Ø Sumber Bacaan;
|
· Mahasiswa mengenal literatur yang ada
diperpustakaan, yang dapat dijadikan sebagai obyek penelitian.
· Mahasiswa dapat memahami bentuk literatur apa
saja yang terdapat di perpustakaan, sehingga literatur tersebut dapat
dijadikan sebagai obyek penelitian.
· Mahasiswa mampu menjadikan literatur tersebut
sebagai sumber bacaan utama dalam melaksankan penelitian, selain didukung
oleh literatur lainnya yang berkaitan.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek ke lapangan.
|
· RU 1, BAB 4
· RU 7, BAB 6
· RU 3, BAB 6
|
9
|
Merumuskan
Latar Belakang Masalah, Identifikasi Perumusan Masalah, Tujuan dan kegunaan
Penelitian, Telaah Pustaka.
|
Ø Ciri-Ciri Masalah yang Baik;
Ø Sumber untuk Memperoleh Masalah;
Ø Cara Merumuskan Masalah;
Ø Menelaah Karya Ilmiah yang Sudah Ada.
|
· Mahasiswa mampu membuat permasalahan yang
ilmiah, baik dari lingkungan, pengalaman pribadi ataupun literatur bacaan;
· Mahasiswa mengetahui dari mana saja permasalaan
tersebut dapat ditemukan;
· Mahasiswa mengetahui teknik perumusan masalah
yang benar;
· Mahasiswa mampu menganalisis karya ilmiah yang
sudah ada, sesuai dengan teori yang sudah diberikan
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi
· Tes lisan;
· Praktek.
|
· RU 1, BAB 2
· RU 3, BAB 3
· RU 5, BAB 3
· RU 6, BAB 5, 6, 7
· RU 7, BAB 7
· RU 8, BAB 1
· RA 9, BAB 12
|
10
|
Memilih
Variabel dan Teknik Pengukurannya
|
Ø Konsep, Konstrak dan Variabel;
Ø Mendefinisikan Variabel;
Ø Teknik Pengukuran;
Ø Reliabilitas dan Validitas.
|
· Mahasiswa mengetahui konsep, konstrak dan
variabel penelitian, sehingga mahasiswa dapat melakukan penelitian yang
sesuai dengan tingkat variabel tersebut, dan penelitiann tersebut berada di
atas jalur yang benar;
· Mahsiswa dapat me,mberikan deefinisi yang benar
terhadap variabel, sehingga memudahkan mahasiswa dalam menganalisis data
sesuai dengan variabel yang ada;
· Mahasiswa mampu mengukur variabel-varibel yang
dalam penelitian dengan menggunakan data yang akurat;
· Mahasiswa mampu membuktikan bahwa variabel
tersebut memiliki data yang akurat dan valid, sehingga hasil penelitian ilmiah tersebut dapat
dipertanggungjawabkan.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi
· Tes Tulis;
· Praktek.
|
· RU 1, BAB 13
· RU 2, BAB 5
· RU 3, BAB 10
· RU 8, BAB 3, 6, 8
· RA 2, BAB 8
· RA 7, BAB 8
· RA 9, BAB 10
|
11
|
Merumuskan
dan Menguji Hipotesis
|
Ø Merumuskan Hipotesis;
Ø Menguji Hipotesis.
|
· Mahasiswa mampu merumuskan hipotesis yang ada
dalam penelitian, dengan melihat kepada jumlah variabel, sehingga hipotesis
tersebut sinkron dengan penelitian;
· Mahaisswa memahami pembagian hipotesis dan dapat
memberikan contoh hipotesis yang baik;
· Setelah membuat hipotesis, mahasiswa mampu
menguji hipotesis, dengan menganalisis data yang didapatkan, sehingga
diketahui apakah hipotesis tersebut diterima atau ditolak.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
|
· RU 2, BAB 6
· RU 6, BAB 8
· RU 8, BAB 3, 5, 10
· RU 7, BAB 9
· RA 1, BAB 5
· RA 2, BAB 8
· RA 10
|
12
|
Mengumpulkan
Data dan Analisis Data
|
Ø Mengumpulkan Data dengan Observasi Langsung;
Ø Mengumpulkan Data dengan Wawancara;
Ø Mengumpulkan Data melalui Daftar Pertanyaan;
Ø Daftar Pertanyaan yang Dikirimkan;
Ø Studi Pendahuluan dan Pretest;
Ø Beberapa Metode Pengumpulan Data yang Lain;
Ø Analisis data kualitatif;
Ø Analisis data kuantitatif.
|
· Mahasiswa mampu mengumpulkan data yang akan
dianalisis dalam penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data yang
ada, dengan menyesuaikan model metode penelitian yang dilakukan;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data
dengan wawancara;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data
dengan pertanyaan;
· Mahasiswa mengetahui pembagian pengumpulan data
dengan metode yang lainnya.
· Mahasiswa dapat membedakan analisis data yang digunakan
dalam penelitian, apakah data tersebut sesuai penganalisisannya melalui data
kualitatif ataupun dengan data kuantitatif.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek ke lapangan.
|
· RU 2, BAB 9
· RU 3, BAB 4, 6
· RU 5, BAB 5
· RU 7, BAB 10
· RU 8, BAB 3, 8
· RA 1, BAB 5, 6
· RA 2, BAB 14
· RA 3, BAB 4
· RA 8, BAB 4
· RA 9, BAB 10
|
13
|
Populasi
dan Sampel;
Kesimpulan
dan Saran.
|
Ø Penentuan Populasi;
Ø Penentuan Sampel;
Ø Menarik Kesimpulan;
Ø Membuat Saran.
|
· Mahasiswab dapat mendefinikan populasi dan
sampel;
· Mahasiswa mampu menentukan sampel dari populasi
yang ada.
· Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana cara
pengambilan populasi;
· Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana cara
pengambilan sampel yang terdapat dalam populasi;
· Mahasiswa mampu membuat kesimpulan dari
substansi hasil penelitiannya, dan kesimpulan sesui dengan rumusan masalah
yang diajukan;
· Mahasiswa dapat membuat saran yang sesuai dengan
objek penelitian yang dilakukan.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek.
|
· RU 2, BAB 8
· RU 6, BAB 9, 10, 11
· RU 7, BAB 13
· RA 1, BAB 7
· RA 2, BAB 13
· RU 8, BAB 7
· RA 9, BAB 11
|
14
|
Penelitian
Kualitatif
|
Ø Fondasi Penelitian Kualitatif;
Ø Paradigma Penelitian Kualitatif;
Ø Teknik Penelitian;
Ø Analisis dan Interpretasi Data.
|
· Mahasiswa dapat mengenal penelitian kualitatif
secara mendalam;
· Mahasiswa dapat mengetahui model penelitian apa
saja yang tergolong dalam penelitian kualitatif;
· Mahasiswa mampu menerapkan teknik penelitian
yang sesuai dengan penelitian kualitatif;
· Mahasiswa dapat memahami teknik analisis data
dalam penelitian kualitatif, sehingga tidak salah dalam mendapatkan hasil
penelitian.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis.
|
· RU 3
· RU 3, BAB 9
· RU 4, BAB 4
· RU 5
· RU 5, BAB 1, 2, 6
· RU 6, BAB 2
· RU 7, BAB 2
· RU 9, BAB 3
· RA 1, BAB 1, 3
· RA 9, BAB 3, 5
|
15
|
Penelitian
Kuantitatif
|
Ø Landasan Pemikiran operasional;
Ø Paradigma Penelitian Kualitatif;
Ø Teknik Penelitian;
Ø Analisis dan Interpretasi Data.
|
· Mahasiswa dapat mengenal penelitian kuantitatif
secara mendalam;
· Mahasiswa dapat mengetahui model penelitian apa
saja yang tergolong dalam penelitian kuantitatif;
· Mahasiswa mampu menerapkan teknik penelitian
yang sesuai dengan penelitian kuantitatif;
· Mahasiswa dapat memahami teknik analisis data
dalam penelitian kuantitatif, sehingga tidak salah dalam mendapatkan hasil
penelitian.
|
· Lecturing;
· Discuss group.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis.
|
· RU 2
· RU 6, BAB 2
· RU 7, BAB 2, 16
· RA 9, BAB 3
|
16
|
Penyusunan
Proposal Penelitian
|
Ø Pemilihan dan Perumusan Masalah penelitian;
Ø Langkah-langkah Penyusunan Proposal;
Ø Garis Besar Isi Proposal;
Ø Bentuk-bentuk Proposal.
|
· Mahasiswa dapat mempraktekkan pembuatan rumusan
masalah dari judul yang ada;
· Mahasiswa mengetahui langkah-langkah penyusunan
proposal yang sesuai dengan buku panduan karya ilmiah yang diakui;
· Mahasiswa dapat membuat isi proposal secara
garis besar;
· Mahasiswa mengetahui bentuk-bentuk proposal
penelitian ilmiah, selain yang diakui dalam pemebuatan karya ilmiah skripsi
di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.
· Mahasiswa mampu membuat proposal penelitian
skripsi secara individu dengan baik.
|
· Lecturing;
· Discuss group;
· FGD yang terdiri dari 2-3 orang.
|
· Resitasi;
· Tes Tulis;
· Praktek menyusun Proposal.
|
· RU 2, BAB 6
· RU 3, BAB 11
· RU 6, BAB 4
· RU 5, BAB 8, 9
· RU 7, BAB 17
· RA 1, BAB 9
· RA 2, BAB 16
· RA 5, BAB 11
· RU 8, BAB 3, 11
· RA 9, BAB 13
|
D.
RUJUKAN
Rujukan Utama
(RU)
1.
Anselm Stauss & Juliet Corbin, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).
2.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Jakarta:
Kencana Prenada Media Group, 2006).
3.
_____________, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: kencana
Prenada Media Group, 2007).
4.
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT
Remaja Rosdakarya(2006),.
5.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2008).
6.
Masyhuri dan M. Zainuddin, Metodologi Penelitian, (Bandung: PT
Refika Aditama, 2008).
7.
Moh. Nazir, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia,
2005).
8.
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
2007).
Rujukan Anjuran (RA)
1.
Amirul Hadi dan H. Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan,
(Bandung: CV Pustaka Setia, 2005).
2.
Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad, Metode Penelitian Dakwah,
(Bandung: CV Pustaka Setia, 2003).
3.
Dadang Ahmad, Metode Penelitian Agama, (Bandung: CV Pustaka Setia,
2000).
4.
Djudju Sudjana, Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, (Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2006).
5.
Martinis Yamin, Paradigma Pendidikan Konstruktif, (Jakarta: GP
Press, 2008).
6.
Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
7.
Melvin L Silberman, Active Learning, (Bandung: Nusa Media, 2006).
8.
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2007).
9.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2008).
10. Subana dan Moersetyo
Rahadi, Statistik Pendidikan, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2006).
11. Zakiah Daradjat, Metodik
Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).
12.
_____________, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: PT
Bumi Aksara, 2001).
Banda Aceh, 2 September 2010Mengetahui,
Ketua Prodi PAI Dosen yang Bersangkutan,
Drs. H. Umar Ali Aziz, MA Al Juhra, M.S.I
|