KODE/SKS :
OLEH : Al Juhra, M.S.I
STANDAR
KOMPETENSI : Mahasiswa dapat mengetahui
sejarah Islam sejak Islam belum ada hingga berkembang Islam ke seluruh dunia,
baik di masa Klasik, Pertengahan maupun perkembangan Islam di masa Modern,
khususnya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diajarkan di Madrasah dan
Sekolah.
No
|
Materi
|
KD
|
Indikator
|
Metode/Media
|
Sumber
|
1
|
Masyarakat Pra Islam
|
- Menceritakan Kondisi Alam, Sosial Ekonomi Masyarakat
Pra Islam
|
-
Mahasiswa mampu
menceritakan kondisi alam dan sosial ekonomi masyarakat pra Islam
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
|
2
|
Adat Istiadat Masyarakat Arab jahiliah
|
- Menceritakan keadaan adat istiadat dan kepercayaan
masyarakat Arab pra Islam
|
- Mahasiswa mampu menceritakan keadaan adat istiadat
dan kepercayaan masyarakat Arab pra Islam
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam,
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
|
3
|
Masa Remaja Nabi Muhammad SAW
|
- Menceritakan masa remaja/muda Nabi Muhammad saw
|
- Mampu menceritakan masa remaja/muda Nabi Muhammad
saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
|
4
|
Keteladanan Nabi Muhammad SAW Ketika Remaja
|
- Mengambil ibrah dari keteladanan Nabi Muhammad saw
ketika remaja
|
- Mahasiswa bisa mengambil ibrah dari keteladanan Nabi
Muhammad saw ketika remaja
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam,
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
|
5
|
Kejadian Luar Biasa Sekitar Kelahiran Nabi Muhammad
SAW
|
- Menceritakan kejadian luar biasa sekitar kelahiran
Nabi Muhammad saw
|
- Menceritakan kejadian luar biasa sekitar kelahiran
Nabi Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam,
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. Erlangga
|
6
|
Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
- Menceritakan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
- Mahasiswa mampu menceritakan Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
|
7
|
Kerasulan Nabi Muhammad SAW
|
- Mengambil ibrah dari Kenabian dan Kerasulan Muhammad
saw
|
- Mahasiswa dapat mengambil ibrah dari Kenabian dan
Kerasulan Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
|
8
|
Bukti-bukti Kerasulan Nabi Muhammad SAW
|
- Mendeskripsikan peristiwa kerasulan nabi Muhammad
saw
- Mengambil ibrah dari bukti-bukti kerasulan Nabi
Muhammad saw
|
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan peristiwa kerasulan
nabi Muhammad saw
- Mahasiswa dapat mengambil ibrah dari bukti-bukti
kerasulan Nabi Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Erlangga
|
9
|
Dakwah pada Masa Permulaan
|
- Menceritakan dakwah nabi Muhammad pada masa
permulaan
|
- Mahasiswa mampu menceritakan dakwah Nabi Muhammad
pada masa permulaan
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
10
|
Ketabahan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabatnya
|
- Mengenal ketabahan Nabi Muhammad saw dan para
sahabat
|
- Mahasiswa dapat mengenal ketabahan Nabi Muhammad saw
dan para sahabat
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
11
|
Nabi Muhammad Sebagai Rahmat bagi Seluruh Alam
|
- Mendeskripsikan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi
seluruh alam
|
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan Nabi Muhammad
sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
12
|
Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
- Mendeskripsikan peristiwa isra’ dn mi’raj Nabi
Muhammad saw
|
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan peristiwa isra’ dn
mi’raj Nabi Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT.
Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
13
|
Hikmah Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
- Mengambil hikmah dari isra’dan mi’raj Nabi Muhammad
saw
|
- Mahasiswa dapat mengambil hikmah dari isra’dan
mi’raj Nabi Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri. 2009.
Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian
Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
14
|
Keperwiraan Nabi Muhammad SAW
|
- Menunjukkan keperwiraan Nabi Muhammad saw
|
- Mahasiswa dapat menunjukkan keperwiraan Nabi
Muhammad saw
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2008. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta. Erlangga
|
15
|
Perjanjian Hudaibiyah dan Peristiwa Fathul Makkah
|
- Mendeskripsikan perjanjian Hudaibiyah dan Fathul
Makkah
|
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan perjanjian
Hudaibiyah dan Fathul Makkah
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
4.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Jakarta. Erlangga
|
16
|
Wafatnya Nabi Muhammad SAW dan Khulafa ar-Rasyidin
|
- Menghayati peristiwa wafatnya Nabi Muhammad saw
- Mengenal para khulafa ar-Rasyidin
|
- Mahasiswa dapat menghayati peristiwa wafatnya Nabi
Muhammad saw
- Mahasiswa dapat mengenal para khulafa ar-Rasyidin
|
·
Lecturing;
·
Discuss group;
|
1.
Badri Yatim.
2010. Sejarah peradaban Islam. PT. Rajagrafindo Persada.
2.
Eri Rosatri.
2009. Sejarah Kebudayaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
3.
Tim Bina Karya
Guru. 2009. Bina Sejarah Kebudayaan
Islam untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Jakarta. Erlangga
|
Darussalam,
Perancang,
Al Juhra, M.S.I
NIP. 19820418 200901 1 014