SELAMAT DATANG

Selamat Datang
di Blog Integrasi
Selamat Menikmati...

Kamis, 25 Oktober 2012

Deskripsi Diri C

 Pengabdian Kepada Masyarakat
Pernyataan Dosen :

C.11 Sebagai makhluk sosial, saya harus menjaga hubungan dengan lingkungan masyarakat, karena selain hamlumminallah, hablumminannas harus terus dijaga. Setiap kegiatan yang ada dalam lingkungan masyarakat saya akan turut berpartisipasi, misal mengikuti setiap rapat yang ada di masyarakat, seperti rapat setiap menghadapi hari-hari besar Islam, rapat tahunan, dan lain-lain. Dalam rapat-rapat, saya juga memberikan konstribusi pemikiran sebagai pertimbangan untuk kemajuan masyarakat ke depannya. Selain mengikuti kegiatan rutin di lingkungan masyarakat, saya juga memberikan khutbah Jum’at di beberapa daerah, juga memberikan khutbah hari raya Idul Fithri dan khutbah Idul Adha. Jika bulan Ramadhan tiba, saya juga memberikan ceramah Ramadhan, baik yang bersifat kultum maupun ceramah lepas. Selain kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang saya sebutkan di atas, saya juga menjadi nara sumber dalam beberapa pertemuan ilmiah, yaitu diskusi tentang pendidikan dengan para mahasiswa yang diadakan setiap minggunya. Saya juga pernah menjadi narasumber di sebuah stasiun televisi lokal yang bertemakan pendidikan, khususnya pendidikan di daerah, yang mana bahasa yang digunakan adalah bahasa Gayo (sebuah bahasa salah satu suku di pertengahan provinsi Aceh).

C.12 Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam lingkungan masyarakat, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kedewasaan saya sebagai manusia. Kegiatan di lingkungan masyarakat memiliki tantangan sendiri bagi saya, di mana saya harus mampu mengendalikan emosi dalam setiap memberikan pendapat, sehingga apa yang saya sampaikan dapat menjadi solusi bagi masyarakat. Alhamdulillah, walaupun tidak setiap pemikiran yang saya utarakan menjadi sebuah pertimbangan dalam memutus sesuatu di lingkungan masyarakat, tetapi konstribusi yang saya berikan akan mendewasakan diri saya sendiri. Karena saya ikut dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh masyarakat, masyarakat akan selalu memberikan informasi kepada saya tentang apapun kegiatan yang akan dilakukan dalam masyarakat tersebut. Berkaitan dengan perubahan dalam diskusi tentang pendidikan dengan para mahasiswa adalah saya harus lebih banyak lagi membaca referensi tentang materi diskusi. Sedangkan perubahan pada diri mahasiswa, mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan dan masukan dari diri mereka dan untuk mereka. Hal ini dikarenakan, setiap mahasiswa harus memiliki bahan untuk dibawa ke tempat diskusi. Perubahan yang terjadi dalam khutbah dan narasumber, saya akan lebih banyak memberikan konstribusi pemikiran saya untuk perkembangan masyarakat ke depannya. Sedangkan perubahan bagi saya adalah membawa saya kepada arah yang lebih dewasa dan kesiapan mental yang mumpuni.

C.13 Pengalaman saya dalam pengabdian kepada masyarakat, mendapatkan nilai yang positif. Hal ini terlihat bagaimana antusiasme masyarakat terhadap saya yang selalu melibatkan dalam apapun kegiatan masyarakat, baik yang berskala kecil maupun skala besar. Misalnya, mengundang rapat tahunan, mengundang ke rapat kampung tentang hari besar Islam, mengundang saya ke rapat tantang penggunaan bantuan anggaran yang diberikan ke kampung. Menghubungi saya untuk dapat menjadi khatib Jum’at, dan lain-lain sebagainya. Dengan masyarakat selalu mengundang pada setiap rapat, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mendukung saya dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, berarti mereka peduli dan menghargai saya sebagai anggota masyarakat. Selain itu, diskusi yang diadakan oleh mahasiswa juga mendapatkan dukungan dari mahasiswa tersebut, hal ini ditunjukkan dengan mengundang saya untuk menjadi pembicara dalam diskusi yang mereka adakan. Begitu juga halnya dengan menjadi narasumber di sebuah stasiun televisi lokal, saya mendapatkan dukungan dari masyarakat, hal ini ditunjukkan dengan banyak antusias masyarakat yang menelepon untuk bertanya tentang tema yang sedang dibawakan pada acara tersebut. Dengan masyarakat yang menelepon dan bertanya, maka sebagai narasumber dapat membagi ilmu dan tanggapan tentang apa yang mereka tanyakan atau tentang tanggapan yang mereka sampaikan.

C.14 Salah satu kunci suatu keberhasilan dalam membangun Tridharma perguruan tinggi adalah dengan adanya komunikasi yang baik antar semua lini. Komunikasi dalam membangun kepercayaan dan kerja sama dalam masyarakat merupakan suatu keharusan, tanpa adanya komunikasi yang aktif dan komunikasi yang intens, maka dapat dipastikan suatu tujuan tidak akan tercapai dengan sempurna. Begitupun halnya dengan saya, saya selalu menjalin komunikasi yang baik dan aktif dengan sesama anggota masyarakat dalam segala hal. Sehingga tidak ada ketimpangan sosial pada diri saya dengan masyarakat. Saya selalu membangun komunikasi dengan masyarakat luas, tanpa harus terhalang oleh ruang dan waktu. Membangun komunikasi yang saya lakukan dengan masyarakat adalah dengan cara memberikan nomor hand phone saya kepada perangkat desa, ini saya lakukan supaya apapun yang berkepentingan dan yang saya pentingkan dalam masyarakat, dengan cepat saya akan mendapatkan informasi. Selain hal tersebut di atas, setiap ada kesempatan saya akan shalat berjamaah bersama masyarakat, hal ini sebagai komunikasi antar warga dan untuk saling bertukar pikiran tentang kemajuan lingkungan masyarakat ke depannya.

C.15 Untuk menuju sebuah keberhasilan dalam suatu masyarakat,sudah seharusnya saling bersatu dan bekerja sama yang baik antar perangkat desa dengan perangkat desa, antar perangkat desa dengan masyarakatnya ataupun sebaliknya, kerja sama antara masyarakat dengan perangkat desa, dan juga kerja sama masyarakat dengan sesama masyarakat. Hal ini juga yang saya lakukan dalam lingkungan masyarakat sekitar saya. Saya senantiasa bekerja sama dengan anggota masyarakat lainnya untuk mencapai sebuah tujuan dalam masyarakat, sehingga antara saya dengan anggota masyarakat terdapat time work yang solid. Jika ada kegiatan gotong royong, saya senantiasa menyempatkan diri untuk ikut ersama. Pelaksanaan qurban misalnya, saya akan menghadiri penyembelihan hewan kurban dan membantu dalam menyelesaikan pembagian hewan kurban tersebut. Setiap ada musibah, saya senantiasa bergabung dengan masyarakat untuk menunaikan kewajiban terhadap yang terkena musibah. Ikut dalam ta’ziah bersama anggota masyarakat jika ada yang terkena musibah. Kerjasama lainnya yang saya lakukan dengan masyarakat adalah memberikan sumbangan terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh anggota masyarakat, baik kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat desa, ataupun kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda desa. Sebagai contoh konkret, memberikan sumbangan ketika akan menyembelih hewan kurban, memberikan sumbangan kepada pemuda yang akan melaksanakan sebuah turnamen olah raga. Kegiatan-kegiatan inilah yang menjadikan saya mampu bekerjasama dengan masyarakat, dan saya mampu menempatkan diri saya sebagai orang yang profesional. Di kampus saya adalah dosen, namun di lingkungan masyarakat, saya adalah anggota masyarakat biasa, yang harus tunduk terhadap peraturan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar